Langsung ke konten utama

CARA MEMPERBAIKI KULKAS 2 PINTU

Hallo mas broow....

Pada postingan perdana kali ini, saya akan berbagi cara memperbaiki kulkas yang saya kerjakan pada saat dipanggil ke warung kopi gandroeng yang terletak di jl perumnas daerah mundu saren, utara plaza Ambarukmo yogyakarta.

Pada waktu itu saya dipanggil untuk memperbaiki kulkas 2 pintu merek LG dengan keluhan bagian atas ( ruang freezer ) kurang dingin tidak bisa beku dan bagian bawah tidak dingin sama sekali.

Dengan berbekal alat-alat untuk memperbaiki kulkas seperti :
  • Obeng (+) dan (-)
  • Tang
  • Tang ampere
dan yang satu ini jangan sampai lupa untuk memperbaiki kulkas dua pintu harus bawa hair drayer ya  😆😆😆
Kegunaan hair drayer untuk memperbaiki kulkas sangat penting, nanti pasti Sobat dapat mengetahui fungsi hair drayer setelah baca seluruh postingan ini.

Lanjutkan ya.....
Setelah tiba di tempat warung kopi seperti cafe gitulah hehehee
Aduh banyak juga pengunjungnya hihihiii mungkin banyak yang suka kopi nih orang jogja.

Langsung aja saya temui kasir yang cantik untuk menanyakan apa benar yang mau memperbaiki kulkas....?

Lalu kasir warung kopi langsung jawab benar maz, sambil masuk ke dalam untuk menyuruh orang dapur mengantar saya ke tempat kulkas yang rusak. Sambil jalan sempat kepikiran tadi mbak kasir bilang maz cit cuit 😂😂😂

Setelah tiba di tempat kulkas LG 2 pintu bermasalah selanjutnya saya cek ternyata pada bagian lubang jalur udara terjadi penumpukan bunga es.


Lalu dengan sebuah alat pengering rambut yaitu hair drayer saya cairkan dengan menyentor hawa panas ke sela-sela lubang jalur angin agar semua bunga es mencair untuk dapat membuka cover penutup ruang evaporator.

Setelah bunga es yang menempel kuat pada cover penutup berhasil di cairkan selama hampir 1 jam, lalu ku buka 1 baut pengancing dan saya tarik cover tersebut dengan tang.


Nah seperti ini lah penumpukan bunga es pada ruang freezer kulkas 2 pintu, dimana jalur sirkulasi udara sudah tertutup es hingga udara dingin tidak dapat keluar dan tidak dapat mengambil kembali udara dari ruang pendinginan, baik ruang atas ( freezer ) maupun ruang bawah ( chiller ).

Penyebab kulkas ada penumpukan bunga es terlalu tebal akibat gagalnya sistem pencairan bunga es yang bekerja secara otomatis. Untuk kulkas 2 pintu sistem pencairan bunga es terjadi sekitar 7 jam sekali.

Berikut ini komponen kulkas 2 pintu ( nofrost ) yang berfungsi sebagai alat mencairkan bunga es

  1. TIMER DEFROST KULKAS, alat ini berfungsi untuk mengatur waktu proses pencairan bunga es dengan cara motor dinamo kecil berputar dengan menggunakan tegangan AC 220 volt sebagai penggerak untuk memutar roda gigi perpindahan jalur kelistrikan yang menuju ke mesin compressor berpindah ke jalur pemanas ( defrost heater ). Kerusakan pada timer defrost kulkas biasanya terletak pada gigi roda perputaran sudah rusak karena terbuat dari bahan plastik mempunyai daya tahan tidak begitu kuat.
  2. DEFROST HEATER KULKAS adalah sebuah pemanas berupa kaca seperti lampu neon untuk memanaskan bunga es yang terletak dibawah pipa bersirip ( pipa evaporator ) tapi ada sebagian merek kulkas yang menggunakan heater pipa seperti pipa berbahan almunium yang melilit mengikuti jalur pada pipa evaporator. Kerusakan pada heater defrost kaca biasanya bisa dilihat dari segi fisik, entah itu kacanya yang pecah maupun kawat heater yang putus, sedangkan defrost heater pipa untuk mengecek kerusakannya harus menggunakan multitester atau dengan cara memberi arus listrik 220 volt secara langsung.
  3. THERMO DEFROT KULKAS biasa disebut dengan sensor bunga es merupakan BIMETAL yang tidak terhubung ketika suhu normal, dan akan terhubung ketika suhu turun dibawah 13° Celcius. Bimetal ada juga yang digunakan pada sensor panas dispenser, cara kerjanya kebalikan dengan thermo defrost yaitu pada suhu normal akan terhubung dan ketika suhu panas diterima maka akan memutus. Jadi thermo defrost kulkas yang biasa diletakkan pada pipa muffler bila sudah terhubung akan mengaktifkan defrost heater ketika timer defrost kulkas berpindah ke proses pencairan bunga es. Ciri kerusakan bisa dilihat dari segi fisik, yaitu bila plastik pembungkus sudah kemasukan air berarti sudah tidak layak, cara lain bisa dengan meletakkan pada suhu dibawah 13° tergantung kepekaannya maka akan terhubung bila dicek menggunakan multimeter.
  4. THERMO FUSE adalah sebuah pengaman bila suhu ruang pencairan terlalu panas akibat thermo defrost / bimetal tidak bisa memutus arus listrik ke heater, thermo fuse akan memutus arus listrik ke heater pada suhu sekitar 72° Celcius.
Nah dari keempat komponen yang berperan penting dalam proses pencairan bunga es, ada juga gangguan yang bisa mengganggu proses pencairan bunga es, yaitu jalur pipa pembuangan air buntu dari pencairan bunga es yang menuju wadah tampungan air. Jalur pipa air buntu mengakibatkan heater defrost terendam air, maka heater tidak bisa panas dan akibatnya proses pencairan bunga es gagal.

Bila sudah mengerti cara kerja dan fungsi komponen tersebut, maka dengan mudah kita mendeteksi gangguan kerusakan pada kulkas tersebut.

Kembali lagi ke kulkas 2 pintu yang saya perbaiki di warung kopi. Untuk cara yang saya lakukan setelah mencairkan bunga es diseluruh ruang evaporator termasuk pipa evaporator dan memastikan jalur selang air pembuangan lancar, selanjutnya melakukan langkah mencari kerusakan komponen proses pencairan bunga es dengan cara sebagai berikut.


Cara mendeteksi gangguan kerusakan pada kulkas 2 pintu kurang dingin bagian atas ( freezer ) dan tidak dingin bagian bawah ( chiller ).

Langkah perbaikan pada kulkas 2 pintu gagal dalam proses pencairan bunga es dengan cara saya gabungkan kedua kabel thermo defrost.


Selanjutnya kulkas saya hidupkan kembali dan saya putar timer yang terletak di belakang kulkas sebelah kiri kearah kebalikan jarum jam secara pelan-pelan sampai menuju waktu defrost. Pada saat proses defrost, mesin compressor akan mati dan heater defrost akan panas bila thermo fuse dan heater tidak rusak.

Selanjutnya saya pegang pelan-pelan heater dan ternyata panas, berarti heater dan thermo fuse dalam keadaan baik.

Langkah selanjutnya mengetahui apakah timer defrost kulkas baik atau tidak dengan cara memutus atau memisahkan kabel thermo defrost, dan selanjutnya melihat putaran gigi timer tersebut melalui kaca kotak kecil transparan. Bila berputar maka timer defrost masih baik, tapi klu tidak nampak putaran roda gigi bisa ditunggu paling lama 45 menit akan berpindah keproses pendinginan yaitu mesin compressor hidup kembali bila timer keadaan baik.

Pada saat itu tiba-tiba datang laki-laki dengan membawa secangkir kopi dan memberikan kepada saya, Pak ini kopinya diminum dulu....terus saya jawab oh ya...terima kasih, kebetulan saya juga sudah haus 😁😂😂
Sambil menunggu timer defrost berpindah keproses pendinginan yaitu mesin compressor hidup, saya seduh kopi panasnya, waw ternyata kopinya memang mantap heheheeee

Disela-sela menikmati minum kopi yang sangat mantap, tiba-tiba datang kasir yang cantik tersebut datang untuk mengajak ngobrol menanyakan masalah kulkas yang dia miliki dirumahnya sampai saya lupa kalau sudah sangat capek kerja seharian sampai sore menjelang pukul 4 sore memperbaiki kulkas di daerah lain sebelum datang ke warung kopi ini. Ternyata memperbaiki kulkas tidak terasa capek bila ditemani cewek cantik 😂😂😂

Secara tidak sadar ternyata timer defrost sudah berpindah ke proses pendinginan.

Dengan berpindahnya timer defrost menuju proses pendinginan yaitu mesin compressor hidup kembali beserta motor kipas blower yang berada di ruang freezer, maka saya putuskan kerusakan terjadi pada thermo defrost dan saya ganti dengan yang baru, tentunya mengganti thermo defrost yang berkualitas agar tidak mudah rusak.

Saya tidak berharap untuk bertemu kembali dengan cewek cantik di warung kopi tersebut dalam keadaan memperbaiki kulkas 2 pintu ( komplin ) kecuali bertemu untuk meminum secangkir kopi super mantap 😄😆😁😂😂😂

Demikian cara memperbaiki kulkas 2 pintu dengan kerusakan pada proses pencairan bunga es sehingga proses pendinginan kurang maksimal ( kurang dingin ). Semoga bermanfaat bagi Anda pembaca artikel yang super mantap heheheee.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMPERBAIKI KULKAS 2 PINTU TIDAK DINGIN

Hai sobat, apa kabar... Hari ini saya mendapatkan job untuk service kulkas di dusun blendangan tegaltirto berbah dengan keluhan kulkas tidak dingin sama sekali atau mati, yang hidup hanya lampunya saja. Tadi pukul 09.05 dengan berbekal alat service kulkas berangkat dari rumah naik sepeda motor menuju ke tempat service. Karena belum tahu rumahnya sempat bertanya penduduk setempat dan akhirnya nyampai juga ketempat rumah ibu sri. Kuketuk pintunya sambil berucap " Permisi.... " dan nampak seorang bapak keluar dari rumah sambil balik tanya, ada apa ya.....? Apa betul ini rumah ibu sri yang mau service kulkas 2 pintu..... Lalu bapaknya menjawab, oh ya... mari silahkan masuk..... Lalu saya pun langsung disuruh menuju tempat dimana kulkas itu rusak. Oh ternyata yang rusak adalah kulkas 2 pintu Toshiba Glacio Kulkas ini rusak dengan keluhan tidak dingin sama sekali. Ketika saya coba untuk menghubungkan ke listrik ternyata yang hidup hanya lampunya saja, mesin comp

BIMETAL THERMO DEFROST KULKAS

Kali ini akan saya ulas tentang komponen yang sering sekali menjadi penyebab gangguan kerusakan pada kulkas 2 dua pintu nofrost. Postingan ini bukan seperti lainya yang menceritakan tentang pengalaman pribadi pada waktu service kulkas di wilayah yogyakarta, tetapi akan saya jelaskan sedikit komponen yang penting pada kulkas 2 pintu yaitu bimetal atau thermo defrost. Gambar bimetal atau thermo defrost kulkas nofrost Alat ini berfungsi sebagai sensor bunga es di ruang evaporator pada saat proses pencairan. Komponen otomatis ( on / off ) ini bekerja berdasarkan suhu, pada saat thermo defrost / bimetal suhu normal tidak terhubung dan pada waktu suhu sekitar 8°-13° Celcius atau lebih rendah sampai titik beku ( tergantung tingkat kepekaan ) akan terhubung. Komponen ini ada yang menyebut thermostat, mungkin karena cara kerjanya yang sama ya heheheee padahal dalamnya berupa bimetal yaitu 2 plat yang berdampingan berbeda bahan dan bila terkena suhu dingin akan bergerak dan menempel

CARA MEMPERBAIKI FREEZER BOCOR KECONGKEL

Kali ini saya akan berbagi pengalaman memperbaiki kulkas 1 pintu pada bagian rak freezer bocor gas freon karena kecongke pisau. Tadi siang pukul 1 siang saya ditelepon untuk memperbaiki kulkas dibagian freezer kecongkel, begitu menanyakan harga perbaikan freezer kulkas kecongkel dan cocok harga saya langsung datang ke alamat yang di kirim melalui sms yaitu ke jongke tengah sleman yogyakarta. Begitu tiba ditempat saya sudah ditunggu ibu-ibu muda bersama suaminya yang sudah mempunyai 2 orang anak kecil. Langsung aja saya dipersilahkan melihat kulkas yang bocor gasnya. Kulkas LG 1 pintu Kulkas ini tergolong masih belum lama dibeli, body dan dalamnya masih hampir seperti baru. Sayang sekali karena tidak mengerti cara membersihkan bunga es, maka dengan sebuah pisau sebagai alat untuk membersihkan bunga es yang menumpuk membuat pipa evaporator yang juga berfungsi sebagai tempat menaruh daging atau minuman yang dibekukan menjadi bocor. Langkah pertama yang saya lakukan adalah